Beranda

Kontak

Kontribusi

 

Tahukah Anda...

Ki Hajar Dewantara atau R.M.Suwardi Suryaningrat lahir 2 Mei 1889 di Yogyakarta. Beliau mendirikan Taman Siswa pada tanggal 3 Juli 1922. Wafat 26 April 1959. Berkat jasanya dalam bidang pendidikan, setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional (Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta).

 

Kategori Museum

 

  Arkeologi (7)

 

  Benteng (3)

 

  Biologi (9)

 

  Geologi (4)

 

  Lain-lain (8)

 

  Militer (4)

 

  Negeri/Daerah (19)

 

  Pribadi (7)

 

  Sejarah (14)

 

  Seni (7)

 

  Tokoh (14)

 

  Transportasi (3)

   
Publikasi Terkini
 
Pencarian
 

  
Berlangganan Berita
 

  



Museum Geologi, Bandung

 

Museum Kars Indonesia

Pengantar | Komentar | Galeri Foto


EPISODE KARS

Hello Sobat Museum! Kami Cie dan Bungsu, salam kenal. Edisi kali ini kami akan menceritakan salah satu dari pengalaman selama menyambangi museum-museum di Indonesia. Sekaligus memperkenalkan dapur Museum Indonesia melalui surel-surel seputar diberitakannya Museum Kars Indonesia (Kompas, 11 Mei 2009) hingga kami tiba di museum dengan rasa terperangah dan bloon (14 Juli 2009). Loh...

Begitulah.

Suatu hari di Bumi Jawa. Setelah menempuh perjalanan hampir 3,5 jam dari Ngayogyakarta Hadiningrat, setelah beberapa kali bertanya, setelah perut sudah lapar ga karuan, kami tiba di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro. Di situlah Museum Kars Indonesia berdiri, destinasi satu-satunya dalam benak kami. Namun sampai di tempat kami tidak menemukan museum seperti yang tadinya dibayangkan. Hee...apa yang terjadi.

 

kars_museum.jpg

MUSEUM KARS INDONESIA

Surel 11 Mei 2009
Pau: Hari ini di kompas ada tulisan tentang pembangunan museum karst... Hmm.. apa kita tambahin fungsi News di MI ya Ce?’

(Note: Keluarga, teman-teman dekat memanggil Bungsu dengan nama Pau)

Cie: ...o ya. si museum karst tu udah jadi?
baca di kompas kesannya kok udah jadi. ce browsing di internet kok kayaknya belum. waah yook rame2 kesana...hehee...langsung semangat...

Pau: Lho tertulis blm jadi lho.. masih dalam pembangunan, udah hampir jadi dan rencananya mau segera diresmikan. Begitu setangkapnya pau.

Cie: o gitu...khkhkhhhh...ketauan bacanya sekelebat
udah nih. barusan ce mo off
sampai besok ya pau...daag...
salam!

Pau: Oke.. sampe besok ya..
Met istirahat...

Surel 13 Mei 2009
Cie: ok pau. masukin aja yang kompas. museum karst kan.
Pau: Lho kalau berita ya sebatas berita2 lepas Ce, nggak ada hubungan sama pengkategorian lho. Gimana?

Surel 14 Mei 2009
Pau: Ce, berita sudah pau pasang di Admin Area. Berita yang dipublikasi akan termuat di bagian bawah Home.
Ce, utk berita museum karst itu pau agak bingung nulisnya. pau sih udah tulis kalau dikutip dari Kompas, tanggal 11 Mei 2009, halaman 23. Jadi kalau paragraf2 penting pau kutip mentah2 boleh nggak?

Cie: boleh aja sih (embel2 menurut ce :)
lagian kita kan tujuannya mulia (ceileee...)

Cie: udah diunggah pau?

Pau: Berita udah pau unggah, cuman kok jadinya malah cerita tentang goa dan luweng seperti di artikel kompas itu hahahahaha.. Maksudnya mungkin menonjolkan pariwisata ya...
Coba Ce baca, tolong diedit atau dibuang yang tidak perlu.

Cie: ini liatnya dimana pau
di home belum ada

Pau: Coba klik bagian Home, trs berita terletak di bawah bagian tulisan Home itu. Mungkin harus scroll ke bawah dulu.

etc..

 

kars_papan_petunjuk.jpg

PAPAN PETUNJUK KE MUSEUM KARS INDONESIA

Surel 10 Juli 2009
Cie (kirim ke milis keluarga dengan subjek BERITA BESAR): museum kars indonesia udah diresmikan
http://www.esdm.go.id/berita/geologi/42-geologi/2635-presiden-sby-resmikan-museum-kars-indonesia-.html

Pau: Wah hebat... hebat...
Tapi kirain ada kabar besar apa... ternyata cuman museum hahahaha..

L: HAHAHAHAAAAAA. Dasarrrrrr.

Cie: lah iya berita besar karena museum2nya udah ditunggu dari awal tahun looh
akhirnya jadi juga
pokok'e kali ini ke jogja mesti ke museum kars...hehe...

Pau: Lho apa deket sama Jogja? Kayaknya nggak lho...

Cie: eeh wonogiri ya tempatnya...bukan wonosari.....hehe...

Surel 13 Juli 2009
Cie (imel ke Cing): cing, aku lagi di jogja. tapi kemungkinan kali ini belum bisa ke candi panataran. kendari ada museum ga cing. pau akan ke kendari soalnya
aku bawakan dvd 'home'. bajakan ya. ntar ta' titip di kupat tahu aja po. kalo kesana aku kabarin

Cing: gpp ce...btw, nang kendari g ada museum, adanya air terjun moramo ratusan tingkat dan wisata bahari- pulau bahari ce...Pao ngapain ke kendari?
besok siang jam 1 bisa ketemu di kupat tahu? thanks banget film homenya yaaaa

Cie: ga bisa janji cing, besok mo ke wonogiri...sori..kalo ke kupat tahu baru aku kabarin ya. si mas kupat tahu namanya sapa ya

Cing: okeoke, aku hari ini mendadak diminta gantiin jaga, jadi gbs juga ke kupat tahu ce, nama masnya Prapto ya, oke titip dia aj gpp, sie2 banget lo ce

Note: Sekarang Mas Prapto tak jualan lagi. Kehilangan satu meeting point kami. Cing temanku orang Kendari, bermukim di Yogyakarta.

 

kars_jalan_ke_museum.jpg

JALAN MENUJU MUSEUM

Surel 14 Juli 2009
Cie (milis keluarga): habis ngantar ananta pulang, ce dan pau cabut ke museum kars wonogiri #^%^&*&(*#*@% ternyata museumnya ga buka, tur belum jadi. bangunannya aja. isinya gak ada. kurang asem

L: Lah, katanya museum itu udah diresmikan?

Pau: Iya lho.. and it ain't the worst! hahaha.. Kami ke sana lewat Wonogiri, makan waktu sampai 3,5 jam, ternyata setelah itu ketemu ada jalan lewat Wonosari, cuman 2 jam.. HAHAHAHA.. :))
Semprul tuh museum, udah diparani jauh2, ternyata belum buka. Tapi bangunannya megah sih, pau sempat foto

L: Hahahahahaaaaa, jadi belom tau jalannya ya waktu ke sana. Walaaaaah. Boleh dong ntar kalo sempat dikirim fotonya, pengen liat.

 

kars_anak_burung.jpg

ANAK BURUNG

Surel 25 Juli 2009
Pau: Ce, J, ini pau kirimkan foto museum karst yang sudah diresmikan tapi belum dibuka itu hehehe..

Cie: semprul tuh museum. iya loh tahun depan 14 juli mesti ke sana lagi
cenli imel ga pau. kemarin ada anak burung ga tau darimana kok bisa jatuh di tempat mereka. tadi cenli nanya kalo besok mereka kerja burungnya di rumah ga keurus. mama tadi bilang mo urusin anak burungnya (hehe setelah diindoktrinasi si burung itu bawa ngantar rezeki :)

Pau: Iya, kemarin Cenli ada kirim email ke pau sama foto burung itu. pau bilang coba kirim ke Ce aja, jadi bisa diidentifikasi itu burung apa... jadi bisa memudahkan kasih nama.
Oh ke Medannya besok ya.. pau kira hari ini. Kok pau ingatnya Ce tanggal 25 ke Medan.
Walah.. kalau berbuat baik harus dengan iming2 pahala atau rejeki, menurut pau sudah "mencederai" maksud baik itu sendiri. :(

Surel 9 Januari 2010
Cie: pau, foto museum kars masih disimpan? kita posting yok. cerita tentang perjalanan kita ke sana..hohohooo..:))

Pau: Ce, ini foto museum karst. Ini bukti kita pernah kena kibul museum hahahaha..

Cie: hee...ternyata fotonya bagus ya pau
yok kita posting. dengan judul super gede: TERTIPUUUUU

...

Begitulah ceritanya. Ketika kami tiba di depan Museum Kars Indonesia (14 Juli) ternyata yang ada hanya bangunannya. Pintu masuk museum dikunci. Dari pintu kaca kelihatan kosong melompong dalamnya. Bahkan sebenarnya bangunan belum selesai dikerjakan. Tukang-tukang masih banyak yang bekerja di sana.

Tapi kok katanya MKI sudah diresmikan (30 Juni). Tentu saja dengan sendirinya kita akan membayangkan sebuah museum dengan bangunan dan koleksinya yang sudah ok. Siap dihidangkan!

Mungkin juga sebenarnya bukan ‘tertipu’ tapi perbedaan menafsir kata ‘diresmikan’ ya...
Hehe...kesemangatan sih :D

 

 

Tanggal Terbit: 07-02-2010

 

 
  Copyright © 2009 Museum Indonesia. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.