Beranda

Kontak

Kontribusi

 

Tahukah Anda...

Mainan anak dapat terbuat dari bambu, pelepah pisang, tempurung kelapa, pelepah daun singkong, kayu, dll. Sumber: Museum Etnobotani Indonesia, Bogor

 

Kategori Museum

 

  Arkeologi (7)

 

  Benteng (3)

 

  Biologi (9)

 

  Geologi (4)

 

  Lain-lain (8)

 

  Militer (4)

 

  Negeri/Daerah (19)

 

  Pribadi (7)

 

  Sejarah (14)

 

  Seni (7)

 

  Tokoh (14)

 

  Transportasi (3)

   
Publikasi Terkini
 
Pencarian
 

  
Berlangganan Berita
 

  



Batik Karya Kartini.
Museum Nasional, Jakarta

 

Museum Tuanku Imam Bonjol

Pengantar | Komentar | Galeri Foto


bonjol_museum.jpg

MUSEUM TUANKU IMAM BONJOL

Museum sebagaimana kita ketahui berguna untuk menyimpan benda-benda peninggalan sejarah dan perlu dipelihara dan dijaga keberadaan dan kelestariannya agar semua benda-benda yang ada tetap terjaga.

Museum Tuanku Imam Bonjol berisikan peninggalan sejarah terutama alat-alat serta barang yang digunakan Imam Bonjol. Tuanku Imam Bonjol adalah seorang pahlawan yang sangat gigih dan pantang menyerah, terbukti dengan peninggalan yang ada. Walau menggunakan alat-alat sederhana, Belanda sangat kewalahan untuk mengalahkan dan menangkapnya dan dengan jalan bulus/perundingan, barulah beliau bisa ditangkap dan diasingkan ke Manado, Sulawesi Utara dan kemudian meninggal di sana.

Keberadaan Museum Tuanku Imam Bonjol ini merupakan suatu kebanggaan rakyat Sumatera Barat pada umumnya dan masyarakat Kabupaten Pasaman khususnya, dibangun dengan sangat megahnya. Dalam hal penataan benda yang terdapat didalamnya tidaklah semudah apa yang dibayangkan, karena banyak segi yang harus diperhatikan, disamping oleh karena banyaknya benda-benda yang mesti ditata. Hal lain yang harus diperhatikan adalah keharmonisan letak masing-masing benda agar apik dan menarik bila dilihat.

Sumber: Label museum di Museum Tuanku Imam Bonjol

 

Alamat:
MUSEUM TUANKU IMAM BONJOL

Jalan Trans Sumatera Bukittinggi-Padang Sidempuan
Bonjol, Pariaman
Sumatera Barat

Tiket:
Rp 1.000

 

 

 
  Copyright © 2009 Museum Indonesia. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.