Beranda

Kontak

Kontribusi

 

Tahukah Anda...

Museum Wayang memiliki koleksi boneka Unyil, Menik, Cuplis, Meilani, Usro, Pak Ogah, Pak Raden, dan anggota keluarga besar 'Boneka Si Unyil' lainnya.

 

Kategori Museum

 

  Arkeologi (7)

 

  Benteng (3)

 

  Biologi (9)

 

  Geologi (4)

 

  Lain-lain (8)

 

  Militer (4)

 

  Negeri/Daerah (19)

 

  Pribadi (7)

 

  Sejarah (14)

 

  Seni (7)

 

  Tokoh (14)

 

  Transportasi (3)

   
Publikasi Terkini
 
Pencarian
 

  
Berlangganan Berita
 

  



Pesawat Cureng, Museum Satriamandala, Jakarta

 

Gedung Perundingan Linggarjati

Pengantar | Komentar | Galeri Foto


 

linggarjati_gunung.jpg

 

 

...I looked at the volcano and at my former home that is now the museum...
It all gave me a glimpse of the new world humanity is thirsting for, a world where we respect all people...A new universal spirit seeks to lead mankind on through pain, war, confusion, and hunger in order to realize the thirst for a new dimension of living...

Joty ter Kulve-van Os
Peringatan 60 Tahun Linggarjati
11 November 2006

 

SECANGKIR SORE DI LINGGARJATI. Jika saja kita memiliki sedikit waktu untuk Linggarjati. Duduk di kursi taman museum, di pinggir lapangan anak-anak sekolah setempat berolahraga di pagi hari, menjadi lapangan sepak bola di saat matahari mulai bergelincir ke barat.

Secangkir sore di Linggarjati bersama Gunung Ciremai, awan-awan.
Ditemani sebatang pohon lengkeng tua.
Sementara di kejauhan sang rumah berdiri dengan anggun.

Bung Sjahrir...
Dalam memori anaknya adalah seorang ayah yang ceria. Betapapun berat beban hati dan pikiran, sang ayah selalu menunjukkan kegembiraan untuk putri-putrinya.

Bung Sjahrir dalam kehidupan pribadiku adalah inspirasi bahwa selalu ada cara yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah. Mengapa mesti marah-marah dan membuat suasana tak nyaman jika masalah bisa diselesaikan tanpa marah-marah. Mengapa mesti menggebrak meja jika ada cara yang elegan.

Pasti kita selalu bisa lebih sabar, manusiawi, lebih mampu menghormati sesama daripada yang kita kira, jika saja kita bisa memiliki sedikit waktu untuk menilik kedalam diri. Mencoba menselaraskan kembali hati dengan denyut semesta.

Denyut semesta bagiku adalah akumulasi kerinduan maupun mimpi-mimpi manusia tentang dunia yang bermartabat nurani dan bersahabat untuk setiap orang. Mimpi itu tidak akan terlalu jauh sekiranya kita sendiri terlebih dahulu bersedia menghormati, memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan.

...

Gunung Ciremai mulai ditutupi arak-arakan awan. Dingin perlahan menyusup.
Pikiran yang seperti layang-layang.

Malam hari aku menginap di Hotel Linggarjati. Penginapan tua dengan shower yang memiliki problemnya sendiri tapi sesuai saku. Tepat di belakang penginapan adalah rumah Bung Sjahrir, sekarang digunakan Detasemen Peralatan untuk gudang amunisi.

 

Linggarjati, November 2008

 

 

Tanggal Terbit: 07-06-2009

 

 
  Copyright © 2009 Museum Indonesia. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.