Beranda

Kontak

Kontribusi

 

Tahukah Anda...

Museum Serangga, TMII, Jakarta memiliki awetan kering kupu-kupu Papilio blumei yang disebut-sebut karena keindahannya dalam "Laskar Pelangi"

 

Kategori Museum

 

  Arkeologi (7)

 

  Benteng (3)

 

  Biologi (9)

 

  Geologi (4)

 

  Lain-lain (8)

 

  Militer (4)

 

  Negeri/Daerah (19)

 

  Pribadi (7)

 

  Sejarah (14)

 

  Seni (7)

 

  Tokoh (14)

 

  Transportasi (3)

   
Publikasi Terkini
 
Pencarian
 

  
Berlangganan Berita
 

  



Museum Radyapustaka, Surakarta

 

Museum Sudirman

Pengantar | Komentar | Galeri Foto


23960.jpg

MUSEUM SUDIRMAN
MAGELANG

Dahulu museum ini merupakan rumah peristirahatan tentara yang pada masa perang kemerdekaan merupakan kediaman Jenderal Sudirman, Panglima Besar Angkatan Bersenjata Republik Indonesia yang pertama atau sebagai Bapak Tentara Nasional Indonesia.

Jenderal Sudirman adalah sosok patriotisme yang tidak kenal menyerah. Walaupun dalam keadaan sakit dan harus ditandu namun sebagai Panglima Besar Beliau menanamkan semangat juang yang tinggi dan secara langsung memimpin perang gerilya. Dengan adanya perlawanan yang tidak kenal menyerah itu akhirnya membuat Belanda meninggalkan Indonesia.

Lahir pada tanggal 24 Januari 1916 di Kabupaten Purbalingga dan wafat pada tanggal 29 Januari 1950 di gedung ini. Dan semenjak tahun 1976 dialihfungsikan sebagai Museum Jenderal Sudirman.

Bangunan yang berdiri sekitar tahun 1930 tersebut, terdiri dari rumah utama dan ruang-ruang penunjang (servis area) yang berada di belakang.

Bangunan Belakang
Di belakang bangunan utama terdapat deretan kamar penunjang seperti Kamar Soepardjo Roestam, ajudan Jenderal Sudirman, kamar mandi, dan dapur.

Biografi
Nama: R. Sudirman
Lahir: Senin, 24 Januari 1916 atau dalam penanggalan Jawa 18 Maulud 1846 di Wuku Galungan, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.
Keluarga: Siti Alfiah (istri) lahir Senin, 28 Desember 1920, putri Mr. Sastroatmojo dari Cilacap. Mereka mempunyai tiga anak laki-laki dan empat anak perempuan.
Pendidikan: HIS, MULO Wiworo Tomo di Cilacap. Aktif dalam Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI) da Hizbul Wathon (HW).
Meninggal: Minggu, 29 Januari 1950, pukul 18.30 dalam usia 34 tahun. Dimakamkan di Pemakaman Militer Semaki, Yogyakarta.

Bintang Jasa Kehormatan/Kenegaraan
Bintang RI Adipurna
Bintang RI Adipradana
Bintang Mahaputra Dipurna
Bintang Sakti
Bintang Gerilya Bintang-bintang dan empat lencana. Kartika Eka Paksi Tingkat I sebagai penghormatan atas jasa-jasanya maka pada waktu wafat, pangkatnya dinaikkan menjadi jenderal.

Sumber: Brosur 'Museum Jenderal Sudirman'. Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata. Magelang. Jawa Tengah.

ALAMAT:
MUSEUM JENDERAL SUDIRMAN
Jalan Ade Irma Suryani C-7, Badran
Magelang
Jawa Tengah

JAM KUNJUNGAN:

TIKET:
Gratis

 

 

 
  Copyright © 2009 Museum Indonesia. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.